Kamis, 31 Desember 2015

Kaji Dakwah Kontekstual, PCINU Sudan Hadirkan Ulama Mesir

Khartoum, PPQ Al-Amin Purwokerto. Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan menyelenggarakan seminar nasional sebagai salah satu rangkaian acara peringatan hari lahir ke-90 NU ke-90 yang dimotori Lembaga Dakwah PCINU Sudan, Senin (22/2).

Dalam seminar yang bertema Kontekstualisasi Dakwah di Era Kebebasan Informasi dan Politik di Aula PCINU Sudan, Khartoum, Sudan, kali ini, hadir sebagai narasumber adalah Syekh Mahmud YasinAl-Azhari, salah satu ulama Mesir yang memiliki peran dakwah besar di negeri Dua Niel ini.

Kaji Dakwah Kontekstual, PCINU Sudan Hadirkan Ulama Mesir (Sumber Gambar : Nu Online)
Kaji Dakwah Kontekstual, PCINU Sudan Hadirkan Ulama Mesir (Sumber Gambar : Nu Online)


Kaji Dakwah Kontekstual, PCINU Sudan Hadirkan Ulama Mesir

Syekh Mahmud merupakan alumnus Universitas Al-Azhar Mesir yang memiliki majelis ilmu di Sudan. Dalam studinya di Universitas Al-Azhar ia mengambil jurusan usuluddin dan dakwah. Dan pada tingkat magister dan doktoral ia fokus studi di bidang hadist dan ilmu hadist.

PPQ Al-Amin Purwokerto

Ia yang fokus studi hadits pada tingkat magister dan doktoral ini memaparkan mengenai pembaruan dalam dakwah islamiyah. Pembaruan yang dimaksud adalah pembaruan dalam masalah furu, bukan dalam masalah ushul. Menurutnya, syariat dan hukum yang sudah tetap dapat terpadu dengan kondisi umat saat ini. Sehingga umat mampu menerima penyampaian dakwah dan hukum sesuai tuntunan syariat meski dalam perubahan zaman.

Syekh Mahmud juga menegaskan pentingnya pemahaman yang mendalam bagi para dai dalam menyampaikan dakwahnya, agar materi yang disampaikan mencapai tujuan yang ditargetkan.

PPQ Al-Amin Purwokerto

Seyogianya para dai lebih mendekatkan jalan dakwah untuk taqorrub ilallah, bukan hanya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan itu maka umat akan mampu menyerap hikmah ilmu yang disampaikannya tuturnya

Ia melanjutkan, bahwa seorang dai seharusnya memiliki tekat yang tinggi dalam misi dakwahnya, dibarengi dengan ilmu yang mumpuni yang didapat dari para perjuangan belajar dari para masyayikh. Pemanfaatan waktu juga menjadi hal utama dalam misi dakwah, sehingga para dai harus mampu memaksimalkan waktunya dalam belajar dan berdakwah.

Pemaparan materi dakwah ini pun berakhir pada pukul 13.20. Acara pun dilanjutkan dengansesi tanya jawab dari peserta seminar. Berkesembatan untuk bertanya kali ini Ust Taufiq dari Awan Syuriah, Muhammad Shiddiq; Wakil PPI Sudan, dan Abdul Muiz; anggota PCINU Sudan. Acara pun diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh PCINU Sudan kepada pembicara DR Mahmud Yasin Al-Azhary.

Rais Syuriah H. Sidik Ismanto dalam kesempatan itu memperkenalkan dan menjelaskan peranan PCINU Sudan dan NU dalam berbagai sisi. Ia juga menyampaikan alasan pemilihan tema besar dalam seminar dakwah ini.

Tema besar dalam seminar kali ini dipilih karena pentingnya pembaharuan dalam menyampaikan dakwah kepada umat, mengingat tradisi, kebudayaan, dan zaman yang berubah, maka sistem dakwahpun harus menyesuaikan dengan polemik yang ada tuturnya.

Acara yang dimulai pukul 11.00 waktu Sudan tersebut dihadiri banyak peserta, di antaranya ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan dan wakilnya, perwakilan Kekeluargaan Mahasiswa Indonesia di Sudan, perwakilan Persatuan Mahasiswa Thailand Selatan, serta mahasiswa dan mahasiswi asal Indonesia. (Muahammad Luqman Hambali/Mahbib)

Dari (Internasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/65971/kaji-dakwah-kontekstual-pcinu-sudan-hadirkan-ulama-mesir

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs PPQ Al-Amin Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik PPQ Al-Amin Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan PPQ Al-Amin Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock