Rabu, 22 Juni 2016

LPBINU Gelar Pelatihan Manajemen Kedaruratan Bencana dan Sphere

Jepara, PPQ Al-Amin Purwokerto. Nahdlatul Ulama melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) dengan dukungan dari Department of Foreign and Trade Australia (DFAT) menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Kedaruratan Bencana dan Standar Minimum Kemanusiaan untuk Pengungsi (Sphere) untuk pemangku kepentingan dan stakeholder kunci di tingkat komunitas Kabupaten Jepara.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya, yaitu Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana dan Participatory Disaster Risk Assessment (PDRA).

LPBINU Gelar Pelatihan Manajemen Kedaruratan Bencana dan Sphere (Sumber Gambar : Nu Online)
LPBINU Gelar Pelatihan Manajemen Kedaruratan Bencana dan Sphere (Sumber Gambar : Nu Online)


LPBINU Gelar Pelatihan Manajemen Kedaruratan Bencana dan Sphere

Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta berasal dari lembaga pendidikan, penyuluh agama, LSM Perempuan, Dunia Usaha, media, karang taruna, PKK, KPM (Kader Pemberdayaan Masyarakat), UKM, dan tokoh masyarakat serta organisasi relawan yang ada di Jepara. Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari, mulai 25-28 Oktober 2016 di Gedung LPWP UNDIP Jepara.

PPQ Al-Amin Purwokerto

Pelatihan Manajemen Kedaruratan dan SPHERE ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan pemangku kepentingan di tingkat komunitas tentang manajemen kedaruratan bencana dan Sphere agar mampu mengembangkan dan mengarusutamakan manajemen kedaruratan dan Sphere dalam penanganan kedaruratan di wilayahnya masing-masing menuju upaya tanggap darurat yang cepat dan efektif.

Beberapa persoalan yang seringkali terjadi dalam penanganan kedaruratan antara lain: kebutuhan tidak seimbang, keamanan dan perlindungan tidak terjamin, informasi yang simpang siur, keterbatasan waktu, kebutuhan yang luar biasa, dankendala koordinasi. Selain itu, sarana dan prasarana di lokasi pengungsian seringkali belum memenuhi standar minimum kebutuhan pengungsi. Terkait hal tersebut, diperlukan sistem dan kecakapan agar persoalan-persoalan yang seringkali muncul dalam penanganan kedaruratan dapat diantisipasi.

Pelatihan Manajemen Kedaruratan dan Sphere ini dipandu oleh Ujang D. Lasmana dari Ready Indonesia, yang mengampu sedikitnya 7 (tujuh) rangkaian materi, meliputi: (1) Realitas Penanganan Kedaruratan Bencana di Indonesia; (2)Pendekatan dan Prinsip Penanggulangan Bencana Secara Holistik; (3) Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana; (4) Pemenuhan Perlindungan dan Kebutuhan Hidup Dasar Bagi Penyintas Bencana, gender, dan kelompok rentan; (5) Manajemen Kedaruratan: Manajemen Pusat Koordinasi (Posko), Manajemen Shelter (pengungsian), (6) Manajemen Pos Kesehatan Darurat, Manajemen Dapur Umum, dan Penanganan Psikososial Korban Bencana; dan (7) Standar Minimum Kemanusiaan untuk Pengungsi (Sphere).

PPQ Al-Amin Purwokerto

Acara pembukaan Pelatihan Manajemen Kedaruratan dan Sphere, Pengurus Pusat LPBI NU, dan Kalak BPBD Kabupaten Jepara. Pelatihan tersebut dibuka oleh Lulus Suprayetno, Kalak BPBD Kabupaten Jepara. Dalam sambutannya, dia mengharapkan peserta belajar dengan sungguh-sungguh sehingga memiliki pemahaman dan keterampilan cara penanganan, manajemen dan aturan-aturan yang berlaku dalam penanganan kedaruratan dan Sphere sehingga dapat memanusiakan manusia .Juga hadir dalam pembukaan dari PCNU Kabupaten Jepara.

Peserta pelatihan Manajemen Kedaruratan bencana dan Sphere adalah alumni kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya, yaitu pelatihan PRB dan PDRA. Keterlibatan peserta yang sama ini merupakan upaya kaderisasi penanggulangan bencana agar memilki ketrampilan dalam me-manage upaya penanggulangan bencana. Semoga pelatihan ini bukan hanya bermanfaat bagi peserta pelatihan, tetapi juga bagi masyarakat luas. (Red: Fathoni)

Dari (Nasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/72411/lpbinu-gelar-pelatihan-manajemen-kedaruratan-bencana-dan-sphere

PPQ Al-Amin Purwokerto

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs PPQ Al-Amin Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik PPQ Al-Amin Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan PPQ Al-Amin Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock