Minggu, 06 November 2016

Haul, Tradisi Baik yang Perlu Dilestarikan

Buntet, PPQ Al-Amin Purwokerto. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghadiri haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren, Cirebon. Menurutnya, haul atau peringatan tahunan atas wafatnya seseorang merupakan tradisi baik yang patut dilestarikan. Melalui haul, masyarakat bisa belajar meneladani kepribadian, pemikiran, dan perjuangan para ulama yang telah wafat.

Tradisi, haul bukanlah perbuatan bidah, apalagi bidah yang sesat. Namun itu merupakan perbuatan yang sangat baik sekaligus patut ditiru dan terus dilestarikan, kata Menag di hadapan pengasuh, santri, dan masyarakat Buntet, Cirebon, Sabtu (09/04) malam seperti dikutip dari laman kemenag.go.id.

Haul, Tradisi Baik yang Perlu Dilestarikan (Sumber Gambar : Nu Online)
Haul, Tradisi Baik yang Perlu Dilestarikan (Sumber Gambar : Nu Online)


Haul, Tradisi Baik yang Perlu Dilestarikan

Acara yang mengusung tema Merawat Tradisi Melanjutkan Inovasi ini dihadiri ribuan masyarakat yang datang dari berbagai daerah. Hal ini menunjukan kharisma yang begitu kuat dari para kiai Buntet sehingga antusias masyarakat tidak surut meski hujan turun lebat jelang acara dimulai.

Menag sendiri merasa bersyukur bisa hadir sehingga bisa lebih mengenal sejarah penting masyayikh dan ulama pesantren Buntet. Dikatakan Menag, sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, munculnya pesantren tidak dapat dipisahkan dari sejarah awal kedatangan Islam ke Indonesia pada abad ke-6 M. menurutnya, pesantren lahir dari rahim budaya Indonesia yang asli. Pesantren tidak hanya identik dengan makna keislaman, tetapi juga mengandung makna keaslian Indonesia. Pesantren muncul dan berkembang dari pengalaman sosiologis masyarakat, sehingga antara pesantren dengan komunitasnya memiliki keterkaitan erat.

PPQ Al-Amin Purwokerto

Pesantren telah melahirkan ulama, tokoh agama, para pemimpin masyarakat yang telah memberikan sumbangan besar bagi pendirian dan kemajuan bangsa, kata Menag. Sebagai contoh, Menag menyebut beberapa ulama yang dilahirkan Pesantren pada awal abad ke-20, yaitu: Syekh Yusuf al-Makassari, Syekh Arsyad al-Banjari, Syekh Nawawi al-Bantani, Syekh Ahmad Khatib, dan Hadratus Syekh KH Hasyim Asyari. Bahkan sebelumnya sekitar abad ke-16 dan 17 M, telah muncul ulama besar, seperti Hamzah Fansuri, Syamsuddin al-Sumatrani, Nurudin al-Raniri, Abdul Rauf Singkel, dan Abdul Samad al-Palimbani.

PPQ Al-Amin Purwokerto

Torehan tinta sejarah emas pondok pesantren sangat berjasa terhadap bumi pertiwi Nusantara, tandas Menag. Red. Mukafi Niam

Dari (Nasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/67176/haul-tradisi-baik-yang-perlu-dilestarikan

PPQ Al-Amin Purwokerto

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs PPQ Al-Amin Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik PPQ Al-Amin Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan PPQ Al-Amin Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock