Jumat, 25 November 2016

Maarif Harapkan Pendidikan NU Diseriusi

Jakarta, PPQ Al-Amin Purwokerto. Ketua LP Maarif Nadjid Muhtar mengharap agar pendidikan dikalangan NU difikirkan secara serius. Selama ini masalah pendidikan selalu diomongkan, dalam setiap tausiah juga selalu dikemukakan, tetapi selama ini tidak pernah dipraktekkan secara serius, ungkapnya kepada PPQ Al-Amin Purwokerto (24/08).

Oleh karena itu, dalam muktamar NU ke 31 Solo mendatang, Nadjid mengharapkan agar permasalahan pendidikan ini dibicarakan bersama dan dijadikan salah satu program utama NU, bukan hanya diserahkan kepada LP Maarif karena masalah pendidikan saat ini sangat kompleks.

Saat ini sekolah yang bernaung dibawah Maarif berjumlah 12.000. ini merupakan jumlah yang sangat besar, namun sampai saat ini belum memperoleh penanganan yang serius.bahkan 70 persen dari sekolah-sekolah tersebut memprihatinkan.

Maarif Harapkan Pendidikan NU Diseriusi (Sumber Gambar : Nu Online)
Maarif Harapkan Pendidikan NU Diseriusi (Sumber Gambar : Nu Online)


Maarif Harapkan Pendidikan NU Diseriusi

Dijelaskannya bahwa terdapat tiga kriteria dari sekolah yang bergabung dengan Maarif. Pertama adalah sekolah yang memang didirikan oleh Maarif, kedua adalah sekolah yang didirikan oleh yayasan tetapi bernaung dibawah Maarif, dan ketiga adalah sekolah yang didirikan oleh para tokoh NU yang secara kultural memiliki kesamaan nilai.

Terdapat kesulitan untuk mengkoordinasikan sekolah-sekolah tersebut masuk dalam Maarif karena ada diantara mereka yang mempertanyakan apa manfaat yang diberikan jika masuk menjadi anggota Maarif. Bahkan ada yang menghindari penggunaan nama Maarif karena dianggap kurang keren.

Terdapat beberapa usulan dalam mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah penunjukan sekolah unggulan Maarif di masing-masing daerah sehingga dapat memicu yang lainnya untuk meningkatkan kualitasnya.

Sebenarnya kalau kualitasnya bagus, saat ini orang bersedia membayar biaya pendidikannya berapa saja. Namun demikian, untuk meningkatkan kualitas tersebut juga dibutuhkan biaya yang besar, jadi terdapat satu lingkaran setan ungkapnya.

PPQ Al-Amin Purwokerto

Masalah lain yang mungkin perlu dibicarakan dalam muktamar adalah penegasan tentang pengelolaan TK. Muslimat NU saat ini banyak mengelola TK di berbagai daerah. Kami sebenarnya tidak mempermasalahkan hal ini. Namun alangkah baiknya jika kewenangan pengelolaan TK di NU secara formal diserahkan ke Muslimat dan Maarif hanya memberi pengarahan garis besarnya saja, tambahnya.

Status LP Maarif sendiri dalam NU adalah sebagai bagian dari NU yang mengurusi masalah pendidikan seperti Lembaga Dakwah NU yang mengurusi masalah dakwah dan Lembaga Perekonomian NU yang mengurusi masalah perekonomian. Setelah muktamar, akan diangkat pengurus baru oleh PBNU.(mkf)

PPQ Al-Amin Purwokerto

Dari (Warta) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/1933/maarif--harapkan-pendidikan-nu-diseriusi

PPQ Al-Amin Purwokerto

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs PPQ Al-Amin Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik PPQ Al-Amin Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan PPQ Al-Amin Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock